Investasi Saham

Investasi Saham

UsahaInvestasi.com – Menanam saham atau berinvestasi tentu saja modal adalah pondasi utama yang perlu anda miliki dan pikirkan secara matang sebelum terjun langsung dalam dunia bisnis. Untuk menanam saham memang tidak melulu diharuskan mengeluarkan modal yang besar, sebab adapula bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil.

Investasi Saham

Saham sendiri merupakan bukti kepemilikan anda atas suatu perusahaan atau sebuah bisnis. Saham memungkinkan anda untuk ikut memiliki perusahaan yang bagus atau bisnis yang sedang berkembang. Dengan menanam saham pada sebuah perusahaan, anda diberi kesempatan untuk ikut “memiliki” perusahaan tersebut walaupun dalam jumlah yang terbatas, sesuai dengan jumlah saham yang telah anda tanamkan.

Hingga saat ini saham menjadi salah satu sarana investasi yang paling banyak menghasilkan keuntungan dibandingkan investasi lainnya. Untuk anda seorang pemula yang tertarik untuk berinvestasi saham, ada baiknya jika anda mengertahui beberapa tips Investasi Saham yang baik dan benar, seperti berikut:

  • Mulai dengan modal tidak terlalu besar. Jika anda masih belum mengenal pasar saham, sebaiknya mulailah dengan modal minimal terlebih dahulu. Jika sudah mantap, silahkan untuk menambah modal anda.
  • Beli saham yang berfundamental baik, biasanya adalah saham blue chip. Cirinya perusahaan ini dikenal publik, memiliki usaha yang jelas, produknya laku dipasaran, tidak memiliki banyak utang, manajemen transparan dan sebagainya.
  • Lakukan diversifikasi. Belilah beberapa saham untuk membagi resiko. Dengan memiliki banyak saham, maka resiko kerugian pun akan lebih kecil daripada hanya membeli satu jenis saham saja.
  • Belajar melakukan analisis. Anda perlu mengetahui cara analisis saham untuk menentukan keputusan jual atau beli saham. Ada dua analisis yang dapat anda lakukan, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental saham.
  • Fokus pada jangka panjang. Pasar saham akan sangat beresiko dalam jangka pendek karena fluktuatif, namun akan lebih aman jika anda fokus pada jangka panjang. Sehingga jika semakin lama investasi, akan semakin besar tingkat keuntungan yang anda dapatkan.
  • Lakukan analisis dan review secara berkala. Hal ini bertujuan agar anda mengetahui bagus tidaknya kinerja, gagal atau tidaknya produk di pasaran, dan sebagainya. Sehingga dapat diganti dengan saham yang lebih baik.

Dengan beberapa tips Investasi Saham seperti diatas, kemungkinan anda meraih keuntungan di pasar saham akan lebih besar.