Investasi Reksadana

Investasi Reksadana

UsahaInvestasi.com – Reksadana merupakan wadah modal bagi investor untuk berinvestasi dalam investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh manajer investasi ke dalam sebuah portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek lainnya. Meskipun Investasi Reksadana memberikan tingkat keuntungan relatif tinggi dan menawarkan fleksibilitas dalam berinvestasi, namun penetrasi di masyarakat masih rendah.

Investasi Reksadana

Rendahnya penetrasi di masyarakat ini salah satunya karena meskipun mereka paham akan keuntungan tinggi pada Investasi Reksadana, namun tidak tahu bagaimana cara membeli dan menjual saham tersebut. Untuk berinvestasi reksadana ini, ada banyak lembaga yang menjajakan reksadana melalui Manajer Investasi, Bank Agen Penjual dan Asuransi Unit Link.

  • Manajer Investasi (MI). Saat ini menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah MI adalah 73. Keuntungan membeli lewat MI adalah jumlah investasi yang kecil dibandingkan lembaga yang lain. Hanya saja MI memiliki reksadana terbatas.
  • Bank Agen Penjual. Sudah banyak bank yang melayani investasi reksadana. Keuntungan membeli lewat Bank Agen Penjual adalah anda mendapatkan banyak pilihan reksadana dari berbagai MI, pelayanan dan prosesnya juga one-stop service. Bank melakukan juga inovasi dengan program auto-invest. Namun kekurangan berinvestasi melalui bank, minimum investasi yang lebih tinggi dibandingkan jika melalui MI.
  • Asuransi Unit Link. Anda dapat membeli asuransi sekaligus melakukan investasi bila melalui Asuransi Unit Link. Prosesnya convenient karena anda cukup membayar ke satu tempat yaitu perusahaan asuransi, yang kemudian akan membagi pembayaran untuk premi dan investasi reksadana. Namun kelemahan Unit-Link ini adalah biaya yang tidak kecil, biasanya pihak asuransi akan men-charge tambahan biaya atas pembelian reksadana tersebut. Selain fee pengelolaan portfolio yang dibayarkan ke MI, dana investasi anda masih harus dipotong lagi untuk biaya investasi yang dibayarkan ke pihak asuransi.

Selain beberapa lembaga terpercaya untuk berinvestasi reksadana, ada pula beberapa keuntungan berinvestasi reksadana, seperti berikut:

  • Dikelola oleh ahlinya
  • Sarana investasi yang praktis dan fleksibel
  • Investasi yang terjangkau
  • Resiko yang lebih minimal
  • Transparan dalam berinvestasi