Investasi Di Indonesia

Investasi Di Indonesia

UsahaInvestasi.com – Dalam membuat perencanaan keuangan tentu invesatasi merupakan hal yang sangat harus diperhatikan. Kenapa demikian, itu karena investasi merupakan hal yang bisa membuat tujuan finansial kita tercapai. Di setiap aset investasi sendiri memiliki potensi keuntungan juga resiko yang memang berbeda.

Investasi Di Indonesia

Seperti halnya yang telah dikemukakan oleh Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, CFP seorang perencana keuangan ndenpenden dan direktur dari ZAP Finance, bahwa investasi yang paling baik tergantung dari berapa dana akan digunakan dan berapa besar keuntungan yang memang diinginkan. Investasi Di Indonesia untuk saat ini memang cukup beragam, namun Prita lebih menyimpulkannya ke dalam empat bagian saja.

1. Kas atau Tunai

Prita menjelaskan bahwa meskipun namanya uang tunai, namun tentu tidak bisa ditempatkan dalam lemari ataupun seperti orang jaman dulu, di bawah bantal. Investasi Di Indonesia dalam bentuk kas biasanya akan berbentuk sebuah tabungan, deposito atau juga reksadana pasar uang. Pada umumnya keuntungan yang akan didapatkan per tahun tidak akan lebih dari 6 persen, akan tetapi resiko investasi ini sangat kecil.

2. Pendapatan Tetap

Menurut Prita jenis aset Investasi Di Indonesua yag satu ini akan memberikan pendapatan tetap bagi para investornya, baik itu pendapatan bulanan atau tahunan. Jenis investasi ini biasanya berbentuk obligasi atau surat utang serta reksadana pendapatan tetap. Dalam investasi ini, per tahunnya kemungkinan nilai investasi untuk berkembang di atas 10 persen sangat minim. Tapi nilai investasi juga tidak akan berkurang drastis jika adanya gejolak di pasaran.

3. Saham

Prita membagi saham menjadi dua, ada saham perusahaan terbuka dan juga saham perusahaan tertutup. Saham ini sendiri memang bisa dikatakan sebagai bukti kepemilikan sebuah perusahaan. Untuk saham perusahaan terbuka biasanya ada nilai kapitalisasi pasar besar dan juga saham lapis kedua dalam pilihan saham Blue Chips, sedangkan saham perusahaan tertutup merupakan saham yang jika kita mempunyai usaha waralaba seperti usaha rumahan. Jenis Investasi di Indonsia yang satu akan memberikan keuntungan lebih dari 10 persen per tahunnya, namun resikonya pun memang cukup tinggi.

4. Aset Fisik

Jenis Investasi di Indonesia yang terakhir adalah aset fisik, dan biasanya investasi ini akan berbentuk emas ataupun properti. Keuntungan yang bisa didapat pun akan bervariasi, itu juga tergantung kita akan memilih bentuk investasi seperti apa. Namun aset ini cukup menguntungkan karena memang investor akan memegang langsung produk investasinya.